Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Cara Yang Sederhana

cara menjaga kesehatan tubuh

Seiring dengan perkembangan zaman yang maju, banyak orang disekitar kita sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing. Karena kegiatan mereka sangat padat terkadang berakibat terbengkalainya perhatian terhadap kesehatan. Padahal untuk menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting agar terhindar dari berbagai penyakit. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tubuh tetap terjaga kebugarannya.

Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas dimana seseorang melatih tubuh mereka agar tetap bergerak. Olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat membantu membakar lemak dalam tubuh, menjaga kesehatan organ dalam seperti jantung serta dapat menjaga kekuatan otot, sendi dan tulang. Olahraga sederhana yang dapat dilakukan oleh siapapun salah satunya adalah berjalan kaki. Dengan olahraga secara teratur maka tubuh anda akan tetap bugar.

Mengatur Pola Makan

Makanan merupakan salah satu faktor utama yang berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Asupan makanan yang sembarangan dan jadwal makan yang tidak teratur dapat menyebabkan penyakit, mulai dari kegemukan hingga kanker. Cara sederhana agar pola makan tetap terjaga yaitu mengatur jadwal makan. Perbanyak makan buah-buahan karena mengandung serat yang tinggi.

Atur Pola Tidur
Tidur terdengar hal yang sepeleh untuk diperhatikan, namun aktivitas ini justru dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Bila kurang tidur maka resiko penyakit seperti jantung dan hati akan lebih besar. Maka dari itu atur pola tidur mulai dari jam awal tidur, durasi, hingga tempat tidur dan bantal yang digunakan. Tidur yang baik berkisar antara 6 – 8 jam mulai pukul 9 atau 10 malam.