Prinsip Utama Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

kesehatan gigi dan mulut
kesehatan-gigi-dan-mulut

Setiap orang pasti ingin mempunyai jejeran gigi yang sehat dan bersih. Namun untuk mencapainya tentu perlu sebuah usaha, supaya tidak berakhir sebagai impian semata.

Perawatan dasar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut

  1. Sikat gigi setiap hari
    Rajin menyikat gigi setiap hari adalah perawatan yang paling mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Menyikat gigi akan membersihkan plak dan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan maupun sela-sela gigi. Gigi yang bersih akan mencegah anda dari resiko berbagai masalah gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, radang gusi, hingga penyakit gusi. Para ahli menganjurkan setiap orang untuk rutin menyikat gigi dua kali sehari, setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.
  2. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang
    Agar didi terbebas dari plak dan sisa makanan, bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi atau dental floss. Perawatan ini juga disebut dengan flossing gigi dan tidak boleh terlewati setiap hari. Flossing sebaiknya dilakukan setelah anda menyikat gigi. Berhati-hatilah saat menggunakan benang gigi, usahakan jangan sampai gesekannya mengenai gusi. Mengesekkan benang terlalu keras dapat membuat luka dan berdarah pada gusi.
  3. Bersihkan lidah
    Menyikat gigi dan flossing memang ampuh untuk mengangkat bakteri dari gigi dan gusi, Namun anda hatus tahu juga bahwa sekitar 50% bakteri dalam mulut ternyata bersarang di permukaan lidah. Tidak hanya dapat memicu kerusakan gigi, bakteri yang bersarang di lidah juga dapat menyebabkan bau mulut. Anda bisa membersihkan lidah dengan sikat gigi atau dengan alat penggosok lidah. Jangan lupa juga membersihkan bagian samping lidah, dan berkumurlah dengan air bersih.
  4. Berhenti merokok
    Center for Disease Control and Prevention melaporkan, perokok aktif beresiko lebih tinggi untuk terkena penyakit gusi dibandingkan yang tidak merokok. Semakin lama dan banyaknya anda merokok, resiko untuk terkena penyakit gusi dan kerusakan gigi semakin tinggi. Penyakit gusi dan kerusakan gigi yang dialama perokok aktif lebih sulit untuk diobati. Maka dari itu, berhenti merokok masuk dalam perawatan dasar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.
  5. Check up di dokter gigi
    Selain perawatan di rumah, Anda juga harus rutin untuk mengecek kesehatan di dokter gigi. Dokter gigi mendeteksi sekaligus mengobati berbagai macan gangguan yang umum menyerang area mulut. Misalkan karang gigi dan gigi berlubang. Karang gigi terbentuk dari plak yang mengeras. Kondisi ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan rutin menyikat gigi atau membersihkan gigi, anda butuh perawatan scaling yang dilakukan dokter gigi. Begitu pula dengan gigi berlubang, Dokter gigi dapat menambal lubang dengan semen khusus agar lubang yang semula kecil tidak membesar. Pasalnya jika lubang semakin membesar, rasa sakit yang ditimbulkan akan semakin parah. Gigi pun akan rentan mengalami infeksi. infeksi dapat menyebar hingga ke akar dan menimbulkan pembengkakan, peradangan hingga kantor nanah. Dalam kasus yang parah, infeksi juga bisa menyebar hingga organ tubuh lain. Meliputi sinus, rahang, hingga daerah leher dan dada. Jadi periksalah gigi anda secara rutin ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali agar kesehatan gigi dan mulut anda terjaga dengan baik.