Porsi Tepat Nutrisi Tubuh

nutrisi tubuh

Agar dapat berfungsi optimal, tubuh memerlukan nutrisi lengkap. Makanan merupakan pemasok nutrisi bagi tubuh. Dari fungsinya, makanan dikelompokkan menjadi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat. Terlalu banyak makan dengan nutrisi yang tidak tepat dapat menyebankan berat badan berlebihan dan berbagai penyakit.

Karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh agar dapat melakukan aktivitas. Setiap 1 gram karbohidrat akan menghasilkan 4 kalori. Kebutuhan rata-rata manusia akan kalori adalah sebanyak 1200 – 2000 kalori. Kalori yang diperoleh dari karbohidrat disarankan sebanyak 45% – 60% dari seluruh kebutuhan kalori. Kelebihan mengkonsumsi karbohidrat yang tidak digunakan akan disimpan sebagai lemak.

Protein

Protein berfungsi sebagai komponen yang bermanfaat untuk pertumbuhan, penyembuhan luka, regenerasi sel, menghasilkan enzim dan hormon untuk metabolisme tubuh dan juga sebagai sumber energi. Kekurangan protein akan mengganggu pertumbuhan dan menyebabkan tulang keropos dan rambut rontok.

Protein dapat diperoleh dari hewan atau dari tumbuh-tumbuhan. Protein yang berasal dari hewan disebut protein hewani. Yakni, daging, susu atau telur. Sedangkan protein dari tumbuhan disebut protein nabati yang terdiri dari kacang-kacangan. Protein hewani mengandung asam amino essensial lebih dibandingkan protein nabati.

Lemak

Lemak berfungsi sebagai cadangan energi dan untuk melindungi organ tubuh. Kebutuhan lemak yang tercukupi berguna untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, menjaga suhu tubuh, melarutkan vitamin A, D, E, K dan membantu metabolisme tubuh. Lemak harus dipenuhi sekitar 20% – 30% dari total kebutuhan kalori.

Lemak terbagi atas 2, yaitu :

  • Lemak Baik
    Yaitu lemak jenuh (unsaturated fat) yang biasa terdapat pada kacang-kacangan, ikan salmon, kenari dan alpukat. Lemak baik ini memiliki kandungan Asam Omega 3 yang berguna memelihara kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya jantung koroner.
  • Lemak Jahat
    Yaitu lemak jenuh (saturated fat) dan lemak trans (trans fat) yang terdapat pada daging jeroan atau makanan yang digoreng. Lemak jahat yang berlebihan akan meningkatkan kadar kolesterol dan LDL dalam darah. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakt jantung, tekanan darah tinggi dan pemicu diabetes.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral berfungsi untuk mengatur dan mendukung berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh. Seperti proses pembentukan energi atau proses berpikir. Vitamin dan mineral banyak terdapat pada buah dan sayuran. Buah dan sayur juga dapat memberikan serat.

Serat

Serat berfungsi pada proses pencernaan dan menjaga tubuh sehat dengan menkonsumsi serat pengan. Serat terdapat pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan serelia. Beberapa contoh buah dengan serat tinggi adalah pepaya, sirsak, apel dan jeruk. Pada sayuran serat banyak terdapat pada akcang panjang, brokoli wortel, tauge dan kankung.