Manfaat Mengkonsumsi Protein Nabati

Sekitar 20 persen tubuh kita terbentuk dari protein. Rambut dan kuku hampir seluruhnya dihasilkan dari jaringan protein. Selain itut ubuh menggunakan protein untuk membangun otot, memperbaiki jaringan, menghasilkan enzim, hormon dan biokimia penting lainnya.

Tetapi tubuh tidak bisa menyimpan protein dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu penting untuk memastikan kecukupan kebutuhan. Protein bisa diperoleh dari bahan pangan nabati maupun hewani.

Meskipun protein hewani terbilang lengkap daripada nabati, bukan berarti semudah itu menyisihkan protein nabati dari asupan harian. Berikut manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi protein nabati.

  1. Menurunkan resiko penyakit jantung
    Studi menemukan diet yang kaya protein khususnya protein nabati bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Keduanya merupakan faktor resiko penyakit jantung.
  2. Menjaga berat badan.
    Sumber makanan berprotein nabati cenderung rendah kalori dan lemak dari pada makanan berprotein hewani. Sumber makanan ini tunggu akan serat dan nutrisi penting untuk tubuh.
  3. Melawan kanker
    Hidup sehat dan panjang umur didukung dari tubuh yang kuat yang mampu melawan penyakit. Nutrisi tinggi dan serat bisa menjaga pencernaan tetap sehat sehingga menurunkan serangan penyakit terutama kanker.