Apa Tujuan Tidur Bagi Manusia?

Apa Tujuan Tidur?

Tujuan Tidur sangat penting untuk kesehatan yang baik. Faktanya, kita membutuhkan tidur untuk bertahan hidup. Sama seperti kita membutuhkan makanan dan air. Jadi, tidak heran kita menghabiskan sekitar sepertiga dari hidup kita untuk tidur.

Apa Tujuan Tidur Bagi Manusia?

Banyak proses biologis yang terjadi selama tidur:

  • Otak menyimpan informasi baru dan membuang limbah beracun.
  • Sel-sel saraf berkomunikasi dan mengatur ulang, yang mendukung fungsi otak yang sehat.
  • Tubuh memperbaiki sel, memulihkan energi, dan melepaskan molekul seperti hormon dan protein.

Proses ini sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Tanpa mereka, tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan benar.

Mari kita lihat lebih dekat mengapa kita tidur, bersama dengan apa yang terjadi jika kita tidak cukup tidur.

Mengapa kita tidur?

Masih banyak yang belum diketahui tentang tujuan tidur. Namun diterima secara luas bahwa tidak hanya ada satu penjelasan mengapa kita perlu tidur. Ini mungkin diperlukan karena banyak alasan biologis.

Sampai saat ini para ilmuwan telah menemukan bahwa tidur membantu tubuh dalam beberapa cara. Teori yang paling menonjol dan alasannya diuraikan di bawah ini :

Konservasi Energi

Menurut teori konservasi energi, kita perlu tidur untuk menghemat energi. Tidur memungkinkan kita untuk mengurangi kebutuhan kalori kita dengan menghabiskan sebagian waktu kita berfungsi pada metabolisme yang lebih rendah.

Konsep ini didukung oleh cara tingkat metabolisme kita turun saat tidur. Penelitian menunjukkan bahwa 8 jam tidur bagi manusia dapat menghasilkan penghematan energi harian sebesar 35 persen daripada terjaga sepenuhnya.

Teori konservasi energi tidur menunjukkan bahwa tujuan utama tidur adalah untuk mengurangi penggunaan energi seseorang pada siang dan malam hari, ketika tidak nyaman dan kurang efisien untuk berburu makanan.

Pemulihan seluler

Teori lain, yang disebut teori restoratif, mengatakan tubuh membutuhkan tidur untuk memulihkan dirinya sendiri.

Idenya adalah bahwa tidur memungkinkan sel untuk memperbaiki dan tumbuh kembali. Hal ini didukung oleh banyak proses penting yang terjadi selama tidur, antara lain:

  • perbaikan otot
  • sintesis protein
  • pertumbuhan jaringan
  • pelepasan hormon

Fungsi otak

Teori plastisitas otak mengatakan tidur diperlukan untuk fungsi otak. Secara khusus, ini memungkinkan neuron Anda, atau sel saraf, untuk mengatur ulang.

Saat Anda tidur, sistem glymphatic (pembersihan limbah) otak Anda membersihkan limbah dari sistem saraf pusat. Ini menghilangkan produk sampingan beracun dari otak Anda, yang menumpuk sepanjang hari. Hal ini memungkinkan otak Anda untuk bekerja dengan baik ketika Anda bangun.

Penelitian menunjukkan bahwa tidur berkontribusi pada fungsi memori dengan mengubah ingatan jangka pendek menjadi ingatan jangka panjang, serta dengan menghapus, atau melupakan, informasi yang tidak dibutuhkan yang mungkin mengacaukan sistem saraf.

Tidur mempengaruhi banyak aspek fungsi otak, termasuk:

  • Pembelajaran
  • Penyimpanan
  • keterampilan memecahkan masalah
  • kreativitas
  • pengambilan keputusan
  • fokus
  • konsentrasi

Kesejahteraan Emosional

Demikian pula, tidur diperlukan untuk kesehatan emosional. Selama tidur aktivitas otak meningkat di area yang mengatur emosi, sehingga mendukung fungsi otak yang sehat dan stabilitas emosi.

Area otak di mana tidur meningkatkan aktivitas meliputi:

  • amigdala
  • striatum
  • hipokampus
  • isolasi
  • korteks prefrontal medial

Salah satu contoh bagaimana tidur dapat membantu mengatur emosi terjadi di amigdala. Bagian otak ini, yang terletak di lobus temporal, bertanggung jawab atas respons rasa takut. Inilah yang mengendalikan reaksi Anda ketika Anda menghadapi ancaman yang dirasakan, seperti situasi yang penuh tekanan.

Mengontrol berat badan

Tidur mempengaruhi berat badan Anda dengan mengontrol hormon rasa lapar. Hormon-hormon ini termasuk ghrelin, yang meningkatkan nafsu makan, dan leptin, yang meningkatkan rasa kenyang setelah makan.

Selama tidur, ghrelin berkurang karena Anda menggunakan lebih sedikit energi daripada saat Anda bangun.

Kurang tidur, bagaimanapun, meningkatkan ghrelin dan menekan leptin. Ketidakseimbangan ini membuat Anda lebih lapar, yang dapat meningkatkan risiko makan lebih banyak kalori dan menambah berat badan.

Fungsi insulin yang tepat

Insulin adalah hormon yang membantu sel Anda menggunakan glukosa, atau gula, untuk energi. Tetapi dalam resistensi insulin, sel-sel Anda tidak merespons insulin dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan kadar glukosa darah tinggi dan, akhirnya, diabetes tipe 2.

Tidur dapat melindungi terhadap resistensi insulin. Itu membuat sel-sel Anda tetap sehat sehingga mereka dapat dengan mudah mengambil glukosa.

Imunitas

Sistem kekebalan yang sehat dan kuat tergantung pada tidur. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menghambat respon imun dan membuat tubuh rentan terhadap kuman.

Saat Anda tidur, tubuh Anda membuat sitokin, yaitu protein yang melawan infeksi dan peradangan. Ini juga menghasilkan antibodi dan sel kekebalan tertentu. Bersama-sama, molekul-molekul ini mencegah penyakit dengan menghancurkan kuman berbahaya.

Kesehatan jantung

Sementara penyebab pastinya tidak jelas, para ilmuwan berpikir tidur mendukung kesehatan jantung. Ini berasal dari hubungan antara penyakit jantung dan kurang tidur.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan rata-rata orang dewasa membutuhkan 7 jam tidur malam. Mendapatkan kurang dari itu secara teratur dapat menyebabkan masalah kesehatan, banyak di antaranya dapat merusak kesehatan jantung Anda.

Tidur membuat kita tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Ini memungkinkan tubuh dan otak Anda memperbaiki, memulihkan, dan memberi energi kembali.

Jika Anda tidak cukup tidur, Anda mungkin mengalami efek samping seperti ingatan dan fokus yang buruk, kekebalan yang melemah, dan perubahan suasana hati.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur setiap malam. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, bicarakan dengan dokter atau spesialis tidur Anda. Mereka dapat menentukan penyebab yang mendasari dan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.