Kebiasaan Sehat yang Ternyata Bisa Merusak Tubuh

Kebiasaan Sehat yang Ternyata Bisa Merusak Tubuh

Demi untuk menyehatkan tubuh, kita mengganti semua kebiasaan buruk menjadi kebiasaan sehat. Namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, kadang kala tidak semua kebiasaan sehat tersebut baik untuk tubuh kita.

Banyak pakar mengatakan bahwa beberapa kebiasaan sehat sebenarnya untuk mencegah kita menjadi lebih sehat, malahan bisa membuat anda yang bertujuan untuk mengurangi bobot jadi menambahnya.

Dikutip dari Body and Soul, berikut adalah beberapa kebiasaan sehat ternyata justru bisa merusaknya.

  1. Mengganti gula dengan pemanis buatan
    Banyak yang memutuskan untuk mengganti gula agar mengurangi resiko kegemukan. Salah satu hal yang di anggap menjadi solusi adalah menggunakan pemanis buatan, atau mengkonsumsi makanan dan minumam berlabel bebas gula.

    Namun para peneliti di Massachusetts General Hospital menemukan pemanis dalam minuman bernama aspartame ternyata malah meningkatkan resiko naiknya bobot. Menurut hasil studi mereka, hal ini disebabkan adanya produknya yang bernama fenilalanin, mengganggu kadar metabolisme dan menaikkan kemungkinan bobot bertambah.
  2. Olahraga terus-menerus
    Memang benar olahraga menjadi syarat untuk hidup sehat, namun bukan berarti anda harus melakukannya secara intens daan terus-menerus. Ahli mengatakan bahwa berolahraga secara ekstrem tidak akan memberi manfaat yang sebenarnya.

    Setidaknya berilah waktu jeda untuk memberikan kesempatan bagi tubuh untuk pulih. Alasannya karena adanya akumulasi lemak yang diakibatkan dari produksi kortisol atau hormon stres.

    Kotrisol dapat mengganggu proses tiroid yang akan memproses pembakaran lemak dan juga menstimulasi hormon lapar ghrelin diotak secara berlebihan, dapat membuat anda tidak bisa mengontrol nafsu makan. Selain itu olahraga secara terus-menerus dapat meningkatkan resiko cedera dan menimbulkan masalah dalam jangka panjang.
  3. Membeli makanan ‘sehat’
    Katering makanan sehat untuk makan siang maupun malam terdengar sehat. Mungkin anda berfikir untuk membiasakan membelinya agar pola makan anda tetap terpantau.

    Padahal nyatanya tidak sesehat itu, terkadang ada beberapa bahan makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu kerap kali membuat anda terasa sangat lapar jika dimakan saat siang hari dan imbasnya anda akan mencari cemilan untuk menutupi rasa lapar.
  4. Terlalu banyak atau lama tidur
    Kurang tidur memang bisa membuat anda beresiko terkena masalah kesehatan. Namun jika terlalu lama tidur juga sama buruknya.

    Tidur lebih dari delapan jam bisa membuat anda lebih mungkin naik bobot, menurut para peneliti di Wake Forest University School of Medicine. Lemak berlebih di sekitar perut terkait dengan gejala diabetes dan penyakit jantung. Mereka menyarankan untuk tidur antara enam sampai delapan jam pada malam hari.

Comments are closed.