Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Buah Apel mempunyai 7.000 Variasi berbeda yang tersedia diseluruh dunia, Manfaat buah apel sangat bagus untuk tubuh manusia. Tidak mengherankan jika apel adalah buan yang paling banyak dikonsumsi secara global.

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Mulai dari jenis Merah manis, Seperti Red delicous, Fuji atau Gala sampai yang hijau tajam seperti Granny Smith. Buah ini sangat banyak disukai oleh orang-orang karena rasa manisnya yang membuat kita menjadi segar.

Apel biasanya digunakan dalam resep seperti pai apel, kue, muffin, selai, salad, oatmeal, atau smoothie. Mereka juga membuat camilan yang enak sendiri atau di jepit dan diolesi dengan mentega kacang.

selain banyak fungsi di kuliner, warna dan rasa yang untuk dipilih. Apel adalah buah yang sangat sehat dengan banyak manfaat yang di dukung penelitan. Bahkan ada pepatah seperti ini “Satu Apel setiap hari, akan menjauhkan dokter dari kita” yang artinya jika kamu rajin mengkonsumsi apel maka kamu akan selalu sehat-sehat saja.

Berikut Manfaat Kesehatan yang mengesankan dari Apel

1. Bergizi

Apel dianggap sebagai buah yang padat akan nutrisi yang artinya apel memberikan banyak nutrisi per porsinya.

Pedoman diet untuk orang Amerika saat ini merekomendasikan 2 buah apel setiap hari untuk diet 2.000 kalori. Menekankan buah-buahan utuh seperti apel.

Satu apel berukuran sedang 7 ons (200 gram) menawarkan nutrisi berikut
Kalori: 104
Karbohidrat: 28 gram
Serat: 5 gram
Vitamin C: 10% dari Nilai Harian (DV)
Tembaga: 6% dari DV
Kalium: 5% dari DV
Vitamin K: 4% dari DV

Penyajian yang sama juga menyediakan 2–5% DV untuk vitamin E, B1, dan B6.

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang larut dalam lemak, vitamin B1 – juga dikenal sebagai tiamin – diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan, dan vitamin B6 sangat penting untuk metabolisme protein.

2. Dapat mendukung untuk Diet

Apel kaya akan serat dan air, dua kualitas tersebut yang membuatnya mengenyangkan.

Perasaan kenyang yang meningkat berfungsi sebagai strategi penurunan berat badan. Karena membantu mengatur nafsu makan Anda. Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan Anda mengurangi asupan energi.

Dalam sebuah penelitian, makan apel utuh meningkatkan perasaan kenyang hingga 4 jam lebih lama daripada mengonsumsi jus atau pure apel dalam jumlah yang sama. Ini terjadi karena apel utuh mengurangi pengosongan lambung — tingkat di mana perut Anda mengosongkan isinya.

Penelitian juga menunjukkan asupan apel dapat secara signifikan mengurangi Indeks Massa Tubub (BMI).

3. Baik untuk kesehatan jantung Anda

Sering mengkonsumsi apel akan membuat risiko penyakit jantung lebih rendah. Salah satu alasannya mungkin karena mengangung serat larut. Jenis serat ini dapat membantu menurunkan kadar kolestrol darah anda.

Alasan lain mungkin karena mereka dapat menawarkan polifenol. Beberapa di antaranya yaitu epikatekin flavonoid dapat menurunkan tekanan darah. Studi juga mengatakan bahwa asupa ntinggi flavonoid dengan risiko sroke lebih rendah.

Plus, flavonoid dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi kolesterol LDL, dan mengurangi aterosklerosis, yang merupakan penumpukan plak di arteri Anda.

4. Mengurangi risiko diabetes

Mengkonsumsi apel juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Sebuah kumpulan penelitian menemukan bahwa makan apel dan dapat menurunkan 18% risiko diabetes tipe 2. Faktanya, hanya 1 porsi per minggu dapat mengurangi risiko sebesar 3%.

Kandungan antioksidan polifenol quercetin dan phloridzin yang tinggi dapat menjelaskan efek menguntungkan ini.

Efek anti-inflamasi Quercetin dapat mengurangi resistensi insulin, faktor risiko besar untuk timbulnya diabetes. Sementara itu, phloridzin diyakini mengurangi penyerapan gula di usus, berkontribusi pada penurunan beban gula darah dan dengan demikian mengurangi risiko diabetes.

5. Dapat meningkatkan kesehatan usus

Apel mengandung pektin, sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotik. Ini berarti memberi makan mikrobiota usus anda yang merupakan bakteri baik di usus anda.

Bakteri ini mempunyai banyak fungsi yang berkaitan dengan kesehatan dan penyakit. Mikrobiota usus Anda memainkan peran penting dalam kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Usus yang sehat seringkali merupakan kunci untuk kesehatan yang lebih baik

Karena serat makanan tidak dapat dicerna, pektin mencapai usus besar Anda secara utuh, mendorong pertumbuhan bakteri baik. Ini terutama meningkatkan rasio Bacteriodetes terhadap Firmicutes, dua jenis bakteri utama di usus Anda.

Penelitian baru menunjukkan bahwa, dengan mengubah mikrobiota usus Anda secara menguntungkan, apel dapat membantu melindungi terhadap penyakit kronis seperti obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.

6. Dapat membantu mencegah kanker

Antioksidan yang terkandung dalam apel dapat menawarkan jenis kanker tertentu, termasuk kanker paru-paru, payudara, dan saluran pencernaan.

Studi menunjukkan bahwa efek ini dapat dikaitkan dengan polifenol apel yang menjaga sel kanker agar tidak berkembang biak. Terlebih lagi, satu penelitian mengatakan Untuk wanita bahwa asupan apel yang lebih tinggi dapat mengurangi risiki kematian akibat kanker.

Kandungan serat apel juga dapat berkontribusi pada sifat melawan kankernya. Misalnya, Penelitian lain menemukan bahwa serat pektin apel dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan bisa memicu kematiannya.

Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk lebih memahami kemungkinan hubungan antara apel dan pencegahan kanker – misalnya, untuk mengidentifikasi jumlah yang cukup dan waktu makan.

7. Bisa membantu melawan asma

Apel yang kaya antioksidan dapat membantu melindungi paru-paru Anda dari kerusakan oksidatif.

Kelebihan molekul berbahaya yang disebut radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan oksidatif. Ini dapat menyebabkan respons inflamasi dan alergi di tubuh Anda.

Kulit apel kaya akan antioksidan quercetin, yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Secara teoritis, ini bisa membuat apel efektif melawan fase akhir respons asma bronkial

Mendukung penelitian ini mungkin merupakan pengobatan yang cocok untuk penyakit inflamasi alergi seperti asma dan sinusitis.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk topik ini.

8. Dapat membantu melindungi otak

Quercetin dalam apel dapat melindungi otak Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa efek antioksidan quercetin dapat melindungi otak dan saraf dari kerusakan oksidatif dan mencegah cedera yang dapat menyebabkan penyakit otak degeneratif, seperti penyakit Alzheimer atau demensia.

Selain itu, quercetin dapat mencegah kerusakan saraf terkait stres dengan mengatur penanda stres oksidatif dan inflamasi

Namun demikian, perlu diingat bahwa sebagian besar penelitian berfokus pada senyawa tertentu daripada apel utuh. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut sebelum dapat ditarik kesimpulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.