Tips Agar Badan lebih Segar Saat Bangun di Pagi Hari

Tips Agar Badan lebih Segar Saat Bangun di Pagi Hari

Saat bangun tidur di pagi hari, sering kali tubuh justru merasa lemas dan mata masih mengantuk. Padahal malam harinya sudah tidur cukup selama 7 – 8 jam.

Ketika rasa kantuk dan lemas datang, jangan mengikutinya dengan merebahkan tubuh di tempat tidur lagi. Lakukan cara-cara ini saat bangun di pagi hari agar tubuh segar dan semangat.

  1. Teguk dua gelas air putih
    Awali hari anda dengan meminum segelas air putih bersuhu ruangan (tidak terlalu panas atau dingin). Lalu minum air putih lagi hingga waktunya sarapan. Selain merehidrasi tubuh, air putih juga membantu membersihkan tubuh dari racun.
  2. Gerakkan tubuh
    Setelah bangun tidur, beranjaklah dari tempat tidur dan lakukan stretching dan lari-lari kecil di tempat. Bila rumah bertingkat dua, turuni dan naiki tangga selama beberapa menit agar tubuh siap bergerak untuk aktifitas berikutnya.
  3. Tarik napas dalam
    Tarik napas dalam-dalam, lalu keluarkan secara perlahan. Cara ini bisa meningkatkan tingkat serotonin yakni hormon bahagia. Perlu diketahu dalam menarik napas dalam yang benar adalah mengambilnya dari perut bukan diafragma.
  4. Latihan sederhana
    Coba lakukan gerakan yoga sederhana seperti downward dog dan plank dipagi hari. posisi ini akan merevitalisasi organ dalam dan area dada serta perut.
  5. Sarapan bernutrisi
    Hindari makan tinggi karbohidrat putih dan gula karena akan membuat gula darah cepat naik. Hasilnya tubuh akan terasa semakin lemas. Konsumsilah diet seimbang yang kaya protein dan serat.

Comments are closed.